Teori Kebutuhan

Abraham Maslow, seorang teoritikus yang banyak menciptakan teori-teori yang sampai saat ini di pakai oleh banyak orang, khususnya para manajer. selain seorang teoritikus, ternyata Abraham Maslow mempunyai latar belakang pendidikan Psikologi. beliaulah yang mencetuskan Psikologi Humanistik.

Teori Yang terkenal sampai saat ini dan di pakai di dunia edukasi adalah " Teori Kebutuhan". dalam teori ini Abraham Maslaw membagi menjadi 5 tingkatan, antara lain :
1. Physiological Needs : kebutuhan yang mendasar dalam setiap manusia. jika anda ingin mencapai Leading (Do), anda sebagai seorang manajer, anda harus memenuhi kebuuhan yang mendasar yang akan di inginkan manusia (anggota anda). lalu apa saja kebutuhan fisiologi? seperti Makan, Minum Udara, pada intinya kebutuhan tubuhnya. jika tidak terpenuhi, maka akan berdampak kepada kinerja anggota anda, mungkin bisa jadi tidak konsentrasi saat bekerja, atau sakit. jika anggota sakit maka akan memperhambat kinerja.

2. Safety & Security. jika kebutuhan mendasar manusia (Anggota) sudah terpenuhi, maka kebutuhan yang selanjutnya adalah rasa Aman atau terlindungi. karena pada dasarnya setiap manusia hanya mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan. jika anda sebagai seorang manajer, anda juga harus memperhatikan kebutuhan mendasar yang kedua ini. buat anggota anda merasa aman dan terlindungi, tidak ada rasa cemas atau apapun itu.

3.Love & Belonging. anggota anda bukanya robot yang terus disuruh dan bekerja tanpa melihat kondisinya. untuk mencapai satu tujuan dan bekerja dengan ikhlas ataupun punuh cinta, maka anda sebagai seorang manajer, anda harus menumbuhkan rasa cinta dengan anggota anda, berikan kasih sayang anda seperti anda memberikan kasih sayang kepada keluarga anda. agar anggota anda merasa di cintai. bergaulah dengan bawahan anda, jangan ada kerenggangan antara atasan dengan bawahan, agar semua anggota anda terbuka dengan anda. 

4. Self Esteem. hargai setiap hasil kerja anggota anda, sebagai seorang manajer seharusnya anda juga bisa menjadi seorang leader yang bisa menghargai hasil karya anggota anda. baca perbedaan leader dan manajer ( http://rumahmanajemenku.blogspot.co.id/2015/11/kepemimpinan-2.html ). jadilah seorang leader bagi anggota anda.

5. Self Actualize. Pengakuan dirinya. jika empat kebutuhan manusia sudah terpenuhi, biasanya akan ingin diakui oleh semua orang.
Teori Kebutuhan
Item Reviewed: Teori Kebutuhan 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!